Review Drama Reply 1988

Ada yang suka K-POP, K-Drama dan semua yang berhubungan dengan negara Ginseng tersebut? Pasti banyak ya. Nah cerita sedikit, awal aku kenal K-POP sebenere masih awal sih, sekitar tahun 2015. Tapi sejak SD sudah liat drama yg ditayangin di Indosiar kayak Winter Sonata, Endeless Love, Jewel In The Palace dan Full House. Itu jaman belum kenal pemain-pemainnya. Nah masuk 2015 itu aku kenal BigBang sama Suju yang sebelumnya cuma denger sekilas lewat berita. Sebenernya K-wave atau yang disebut gelombang Korea itu candu banget ya. Hampir tiap hari ngikutin berita Idol dan aktor Korea di Instagram membuatku jadi update berita disana. Pasti kalian yang juga ngikuti ga asing sama kasus Burning Sun yang lagi bikin heboh sewarga Korea. Kalo kata Kak Hansol, di Korea itu saat ini ga ada yang ga tau kasus Burning Sun (aku penonton setianya Korea Roemit). Berita itu terlalu membuatku kecewa, terlebih membawa nama Boygrup besar. Tapi, aku disini gamau ngomongin yang sedih-sedih deh. Aku mau ngereview drama yang membuat aku susah move on. Jadi ini tu sebenere drama tahun 2015, genk, tapi emang aku telat nontonnya hahaha. Emang blok ini gak update banget ya hehehe, jadi aku ngereview apapun itu yang menurutku punya makna tersendiri buatku, wuess. Dan drama apakah ituuu...jeng jeng...




Nama dramanya Reply 1988. Btw Reply 1988 adalah best drama ever ever ever versiku. Ini tuh paket lengkap banget banget banget, dari komedi, persahabatan, parenting, kekeluargaan sampe kerukunan antar tetangga bisa kalian dapetin. Drama ini bercerita tentang lima keluarga yang tinggal di komplek daerah Ssangmundong. Bersetting tahun 1988 yang masih belum ada HP, kalo ketemu cuma modal janji misal "besok ketemu di cafe A jam 2 siang" terus gelisah kalo orang yang diajak ketemu jam 3 belum juga dateng, atau komunikasi lewat surat ke gebetan yang dibalesnya bisa seminggu kemudian. Nah jadi mereka tetangga yang sangat eraat banget dan memiliki anak seumuran yang ga bisa di pisahkan yaitu Choi Taek, Jung Hwan, Sun Woo, Dong Ryong dan satu cewe bernama Deok Sun. Persahabatan mereka diawali dari mereka kecil sampe besar.

Choi Taek, master baduk yang pendiam








Choi Taek diperankan oleh Park Bo Gum memiliki karakter yang pendiam, kalem, polos dan pintar. Biasanya kalo lagi berlima kumpul, kamar Taek adalah tempat nongkrong mereka. Dibalik sikap Taek yang pendiam, ternyata dia suka sama Deok Sun. Oh iya, dia adalah master Baduk (permainan catur korea) dan dia sering disebut asetnya gang Ssangmundong karna sudah main baduk di kancah internasional. Pada akhir cerita Taek akhirnya berjodoh sama Deok Sun. Aku sedih sih, soalnya aku lebih suka Deok Sun sama Jung Hwan.

Si pemendam rasa yang
bikin geregetan, Jung Hwan












Jung Hwan diperankan oleh Ryu Jun Yeol, memiliki sikap yang ga jauh beda dari Taek. Sifat kalem dan sangat pintar memendam rasa inilah yang membuatku jengkel sama karakternya. Dia suka juga sama Deok Sun tapi gapernah di ungkapkan dan sampe beranjak dewasa dia cuma pasrah dan legowo orang yang dicintainya bahagia sama yang lain. Btw dia punya bapak yang kelewat gila kelakuannya genk, dijamin perut akan sakit garagara gaberenti ketawa. Pada pertengahan episode aku sempet mikir pokonya Deok Sun harus jodoh sama Jung Hwan biar ayah sama menantu sama sama gila. Tapi..tapi..tapi...endingnya bener-bener gasesuai ekspektasi gaes. But, setelah drama ini berakhir awal tahun 2016, Ryu Jun Yeol dikonfirmasi dating sama Hyeri dan awet sampe sekarang...yaay!

Deok Sun, si cewe gila
dari Ssangmundong












Deok Sun diperankan oleh Hyeri Girl's Day, memiliki karakter yang gila, edan, gatau malu, suka teriak, kelewat PD, gapernah belajar jadi ya gapinter dan gak peka. Tapi ini orang di disukai Taek sama Jung Hwan. Diawal episode aku dibikin nangis karena dia dibedakan dari 2 saudaranya. Kakaknya bernama Sung Bora anak yang pintar dan masuk di universitas Seoul, dan punya adik bernama No eul. Jadi si Deok Sun itu yang paling ga diperhatiin sama ortunya, gapernah dirayain ultahnya, gapernah dikasi telur kalo sarapan, ga diambilin ayam sama ibunya, pokonya scene itu secara ga langsung membuat aku menyimpulkan kalo orang periang itu ga selamanya batinnya juga bahagia genk. Btw, Deok Sun adalah teman yang ngajarin Taek ngomong kasar dan jorok wkwk. Dan herannya, saking polosnya Taek, dia seneng-seneng aja diajarin gitu sama Deok Sun. Deok Sun ini yang menjadi pusatnya dalam cerita, berkat keedanan dia drama ini melejit. Terlebih lagi kalo udah ketemu sama bapaknya Jung Hwan, dijamin ketawa ngga berhenti. Karna mereka adalah dua orang yang kegesrekannya diatas rata-rata.

Sun Woo, bocah
penakhluk mbak Bora











Sun Woo diperankan oleh Go Kyung Pyo, memiliki karakter yang pintar, selalu membela Taek kalo teman-teman yang lain pada suka merintah ngambilin ini itu sama dia, dia juga mimiliki tekad yang kuat kalo punya kemauan. Btw dia adalah keluarga tersederhana karna ayahnya sudah meninggal. Tapi ibunya selalu memberinya kasih sayang yang lebih ditengah keterbatasan mereka. Pada akhirnya dia menikah dengan kakaknya Deok Sun, Sung Bora. Jadi aku tuh malah jadi suka sama pasangan Sun Woo sama Bora ini, karna lucu. Awal-awalnya kan si Sun Woo meyakinkan Bora kalo dia suka. Tapi si Bora yang punya watak keras ini malah mikir 'ih apaan sih lu masi bocah suka ama gw'. Jadi pas mereka jadian tu lucu aja gitu si Bora yang dulunya marah-marah sama Sun Woo yang dianggepnya bocah dan gaserius akhirnya diterima sambil senyum-senyum malu gitu, nuna kiyowo kalo kata Sun Woo.

Dong Ryong, ngomong aja ketawa











Dong Ryong diperankan oleh Lee Dong Hwi, memiliki karakter yang koplak sama kayak Deok Sun, cerewet, tempat curhatnya segenk, absurd, tapi dia kurang kasih sayang ortunya. Dong Ryong ini juga orangnya setia kalo sama teman-temannya.

Bora, nuna cantiknya Sun Woo











Sung Bora diperankan oleh Ryu Hye Young, memiliki karakter keras dan pintar. Dia menjadi mahasiswi di Universitas Seoul dan dia juga kebangaan ayah ibunya. Watak kerasnya menjadikannya ga mau ngalah sama dua adiknya, Deok Sun dan No Eul. Dia adalah pimpinan mahasiswa yang ikut demo besar-besaran dikampusnya dan sempat di ancam drop out. Dirumah pun dia sering berantem sama Deok Sun hanya masalah makan, make up, baju, siapa dulu yang harus cuci muka, sampai tidurpun harus jambak-jambakan dulu sama adiknya. Entah mengapa aku jadi suka sama karakter Bora yang keras sekaligus lembut kalo udah ketemu sama si Sun Woo. Adegan kocak Bora yang nyetir mobil bawa keluarganya tapi mobil sama sekali ga bergerak tu favorit banget. Ngakak ya Allah.
Nah bagi kalian yang belum nonton drama ini, semoga review ku membuat kalian pengen nonton karna ini recommended biyangeet walaupun durasi panjang tapi asli gabosen. Bagi kalian yang bilang 'ih apaan sih aku kan ga suka korea, alay' NOOO this drama tell not about teenager love, but much tell about family and friendship. Guys, aku ga nulis kalo itu jelek. Silakan menyusuri tahun 1988 disebuah komplek di Ssangmundong ya. Bagi anak rantau seperti aku, drama ini berhasil membuat haru dan sesak diepisode terakhir karena rindu rumah, keluarga, dan sahabat-sahabat saya. Kamsahamnida sudah membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel "Milea - Suara Dari Dilan"

Film Beauty And The Beast 2017

Ulasan Novel Dilan - Pidi Baiq